Pages

Tuesday, June 28, 2011

TES TOEFL - TOEIC - IELTS INSTITUSIONAL

TOEFL

Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke college atau universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.
Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3). Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia.
Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test.
Tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
  • listening comprehension,
  • grammar structure and written expression,
  • reading comprehension, dan bagian
  • writing.
Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara: 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maximum) untuk versi PBT (paper-based test).
Sejak tahun 1998, tes TOEFL ini diadakan secara online dengan menggunakan komputer (Computer-based Testing/CBT), dan sejak tahun 2005 disebut iBT (Internet-based Test). Di tempat-tempat yang belum bisa melaksanakan CBT atau iBT (karena belum ada fasilitas komputer dan jaringan internetnya), ujian TOEFL ini masih tetap diadakan secara manual menggunakan kertas dan potlot (paper-based test atau PBT). Informasi lebih lengkap tentang tes CBT dan paper-based TOEFL berkaitan dengan pendaftaran, lokasi penyelenggaraan, biaya, dan bahan-bahan persiapan tes dapat dilihat di situs resmi TOEFL, http://www.toefl.org (hasil ujian TOEFL versi CBT mempunyai nilai berkisar antara 0 sampai 300, sementara nilai untuk iBT adalah dari 0 sampai 120).
Akhir-akhir ini penyelenggara tes TOEFL juga mengadakan jenis tes TWE (Test of Written English) yang hasil nilainya terpisah dari nilai tes TOEFL. Tes ini memakan waktu selama 30 menit, dan peserta akan diminta untuk menuliskan karangan singkat yang menggambarkan mengenai kemampuan peserta untuk mengekspresikan dan menuangkan suatu gagasan atau ide, serta mendukung gagasan itu dengan contoh-contoh yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Inggris yang standar.
Jenis tes TOEFL yang lain adalah TSEP (Test of Spoken English Program) yang mirip dengan bagian individual interview pada tes IELTS. Tes ini biasanya dipakai kalau kita ingin mendaftar sebagai asisten dosen atau asisten laboratorium (sebagai salah satu cara untuk meringankan biaya kuliah) di universias di AS (atau negara lain). Bentuk tesnya diadakan secara lisan dan berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Waktu penyelenggaraan dan batas akhir pendaftarannya sama dengan tes TOEFL yang lain.

IELTS

International English Language Testing System disingkat IELTS adalah uji coba kemampuan berbahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. IELTS sendiri digolongkan dalam dua macam modul ujian yaitu Modul Umum dan Modul Akademis.
Sejak tahun 1989, IELTS dipercaya untuk melakukan tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Lebih dari sejuta tiap tahun orang menggunakan IELTS untuk memasuki dunia yang berbahasa Inggris. Tes ini diselenggarakan di 120 negara.

TOEIC

Tes TOEIC Listening and Reading menjadi standar untuk pengukuran keahlian mendengarkan dan membaca dalam bahasa Inggris yang dibutuhkan individu yang sedang belajar atau bekerja di lingkungan internasional.
  • Keahlian mendengarkan sangat penting untuk komunikasi dengan bertatap muka, rapat, konferensi melalui video dan percakapan melalui telepon.
  • Keahlian membaca dibutuhkan untuk email, laporan, newletter dan dokumen lainnya yang dibutuhkan dalam korespondensi dunia bisnis.

TOEIC® Listening and Reading mengukur  seberapa baik seseorang memahami bahasa Inggris yang didengar atau dibaca di tempat bekerja.
 
TOEIC® Listening and Reading merupakan pilihan lebih dari  6 juta peserta tes dalam setahun dan diakui oleh 10 ribu perusahaan dan lembaga pendidikan lebih dari 30 tahun.

Sebagai alat ukur yang jujur dan objektif untuk kemampuan bahasa Inggris,  TOEIC® Listening and Reading dapat digunakan untuk kebutuhan:
  • Siswa, untuk mengetahui tingkat kemajuan mereka dan standar untuk menjadi warga dunia yang produktif
  • Pencari kerja, untuk bergabung dalam dunia kerja atau mencarai posisi baru
  • Pekerja, untuk keperluan promosi, penempatan, penugasan ke luar negeri

Ketika TOEIC® Listening and Reading  diambil  bersama dengan TOEIC® Speaking and Writing, maka  skor TOEIC®  akan memberikan informasi  mengenai tingkat kemahiran bahasa Inggris secara keseluruhan yang terdiri dari empat keterampilan (mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis)


JADWAL DAN PENDAFTARAN

Jadwal Test TOEFL PBT(Paper Base Test);
Senin, Rabu dan Sabtu
Gelombang (Part)
Jam (WIB)
Keterangan
I
08.00 – 09.40
Untuk Gelombang V sertifikat jadi pada hari berikutnya
II
10.00 – 11.40
III
13.00 – 14.40
IV
15.00 – 16.40
V
19.00 – 20.40

Catatan : Harap membawa photo copy ID (KTP) yang berlaku serta pas photo 3x4 berwarna sebanyak 2 lembar.


CARA PENDAFTARAN
Reservasi:
  1. Dapat dilakukan melalui telepon pada hari kerja (Senin s/d Jumat) dari pukul 09.00 – 16.00 WIB, ke +6221 68685246
  2. Minimal reservasi dilakukan 3 hari kerja sebelum tanggal tes yang diinginkan
  3. Reservasi tidak dapat dikonfirmasi sebelum pembayaran diterima

Pendaftaran:
Pembayaran mohon dilakukan selambatnya 2 hari sebelum tanggal tes
Biaya test tidak dapat dikembalikan apabila terjadi pembatalan tes yang dilakukan kurang dari 1 hari sebelum tanggal test
Untuk pendaftaran diluar jadwal yang diberikan, dapat menghubungi ke +6221 68685246 (Divisi Bahasa)
 
Cara Pembayaran: 
1. Secara tunai (di tempat) 
2. Secara transfer, melalui akun:

Bank Mandiri (Cabang Rawamangun)
(IDR) 006-00-0593881-0
   
Atas Nama Akun: Sugeng Widadi

*Mohon agar bukti pembayaran difax ke +6221 65308209 atau email ke info.bagoes@gmail.com dengan mencantumkan nama lengkap dan tanggal tes.

Untuk formulir pendaftaran test TOEFL-TOEIC-IELTS maupun PREPARATION silahkan download di link berikut
<a style="font-weight: bold;" href="http://www.ziddu.com/download/15528454/FORmulirOnline.pdf.html">FORM TEST</a>